Pembukuan dan Akutansi

Membedakan Pembukuan dan Akutansi
http://kemanadicari.blogspot.co.id/

Pembukuan (bookkeeping) biasanya hanya melibatkan pencatatan peristiwa-peristiwa ekonomi. Oleh karena itu, pembukuan hanya merupakan satu bagian dari proses akutansi. Akutansi dapat dibagi menjadi dua yaitu Akutansi Keuangan dan Akutansi Manajeral.


1. Akutansi Keuangan
Akutansi Keuangan (financial acoounting) adalah bidang akutansi yang menyediakan ekternal lainnya.
2.Akutansi Manajeral
Akutansi Manajeral (managerial accounting) memberikan informasi perekonomian dan keuangan bagi para manajer dan para pengguna internal lainnya.

Akutansi banyak manfaatnya bagi anda karena pengetahuan kerja mengenai akutansi adalah suatu hal yang diinginkan di hampir semua bidang usaha. Beberapa contoh bagaimana akutansi dapat bermanfaat dalam karier mencakup :

1. Manajemen Umum : seluruh manajer perlu memahami data akutansi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan bijak.
2. Pemasaran : membuat strategi untuk membantu keberhasilan tenaga penjualan. Tetapi, keberhasilan dalam melakukan penjualan tidak akan memiliki makna, kecuali jika penjualan tersebut menguntungkan.
3. Keuangan : jika ingin menjadi seorang banker, seorang analis investasi, seorang harus paham tentang akutansi. Bahkan sulit mendapatkan pekerjaan yang baik dalam fungsi keuangan tanpa mengikuti duat atau tiga matakuliah akuntansi.
4. Real Estat : Karier yang paling umum di bidang real estat adalah makelar, atau seseorang yang menjual property/real estat. Oleh karena itu pihak ketiga adalah bank.

Akutansi juga berguna bahkan untuk pekerjaan-pekerjaan yang anda piker sama sekali tidak berkaitan. Dalam hal ini, akutansi juga termasuk seperti seorang dokter yang mematuhi standar-standar tertentu dalam merawat penyakit seorang pasien,begitu pula akutansi akan mematuhi standar-standar tertentu untuk merawat penyakit seorang pasien,begitu pula akutansi akan mematuhi standar-standar tertentu dalam melaporkan informasi keuangan. Standar perilaku yang menjadi dasar penilaian benar atau salahnya, jujur atau tidak jujurnya, adil atau tidak adilnya tindakan seseoarang adalah etika. Jika anda tidak dapat mengandalkan orang-orang yang berhubungan dengan diri anda sebagai orang yang jujur, jika para manajer, pelanggan, investor, rekan sekerja, dan kreditor semua nya terus berbohong, maka komunikasi yang efektif dan aktivitas perekonomian akan menjadi suatu hal yang mustahil untuk dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian Zaman Paleolitikum

Pengertian Algoritma dan FlowChart

Makalah Manajemen Kelas