Pengertian Manajemen Pemasaran

MANAJEMEN PEMASARAN


Kegiatan pengaturan secara optimal dari fungsi pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyampaian barang dari produsen ke konsumen dapat berjalan lancer dan memuaskan melalui riset pasar, promosi, pengaturan organisasi pemasaran, sistem distribusi, dan bagaimana memuaskan pelanggan. Sebelum suatu produk di pasarkan terlebih dahulu diperkirakan atau dipastikan apakah produk tersebut akan laku dijual atau tidak. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan riset pasar sebelum memuat produk baru.

1. Riset Pasar 
Riset Pasar yang dilakukan berbeda untuk setiap jenis pasar. Riset pasar untuk pasar persaingan monopoli akan berbeda dengan riset pasar untuk pasar persaingan sempurna.

2. Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Segmentasi adalah proses identifikasi sekelompok konsumen homogeny yang akan dilayani perusahaan. Contohnya Astra Internasional ( Astra ), yang merupakan produsen mobil. Astra membuat mobil yang ditunjukkan sebagai kendaraan rumah tangga dan kendaraan niaga. Pengelompokkan segmen pasar ke dalam beberapa kelompok pasar yang homogen disebut targeting.

3. Bauran Pemasaran

Terdapat unsur penting yang perlu diperhatikan perusahaan dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Keempat unsur tersebut adalah produk, harga, promosi, dan distribusi, atau yang lebih di kenal dengan 4p ( product, price, promotion, dan place).

a. Produk (product). Perusahaan harus mampu mengindefinisikan aspek-aspek apa saja yang diinginkan oleh konsumen dari sautu produk.
b. Harga (price). Harga adalah peranan penting dalam pemasaran. Mutu produk yang baik menjadi tidak ada artinya, apabila konsumen enggan membeli produk tersebut karena alasan harga.
c. Promosi (promotion). Banyak bukti menunjukkan bahwa keberhasilan produk pasar ditentukan aktivitas promosi perusahaan.
d. Distribusi atau penempatan (place). Unsur terakhir dari bauran pemasaran adalah distribusi. Produk yang baik dengan harga yang wajar dan promosi yang tepat sasaran,menjadi tidak ada apabila konsumen mengalami kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut.

4. Kepuasan Pelanggan

Pelanggan merupakan raja yang harus di penuhi kebutuhannya. Memberi kepuasaan kepada konsumen dalam jangka panjang bukan hal yang mudah. Kepuasa jangka panjang dapat terpenuhi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
a. Mutu barang. Barang yang dipasarkan harus memenuhi standar mutu yang sesuai dengan keinginan konsumen.
b. Mudah mendapatkan produk tersebut.
c. Pelayanan purnajual. Barang yang harus di jual harus selalu diikuti penggunaannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian Zaman Paleolitikum

Pengertian Algoritma dan FlowChart

Makalah Manajemen Kelas