Pengertian Manajemen Personalia

MANAJEMEN PERSONALIA

Manajemen personalia adalah perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian atas pengadaan  tenaga kerja, pengembangan,
kompensasi,intergrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perseorangan. Hal-hal yang berhubungan dengan manajemen personalia antara lain sebagai berikut.


1. Penerimaan pegawai
Penerimaan pegawai harus dapat menjaring sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan. Langkah-langkah yang di perlukan pada penerimaan pegawai adalah sebagai berikut :

a. Analisi jabatan. 
Untuk penerimaan pegawai, terlebih dahulu di adakan analisis jabatan yang akan di isi.
b. Selesksi penerimaan pegawai. 
Seleksi tersebut harus dapat menggambarkan kualifikasi calon bersangkutan.
c. Pelatihan dan pendidikan. 
Pelatihan memungkinkan seseorang memiliki pengetahuan atau keterampilan untuk menduduki suatu posisi.

2. Penilaian Pegawai
Sabagian dari pegawai harus dinilai atas pekerjaan dan kemampuannya dalam melakukan pekerjaan. Penilaian harus didasarkan atas sikan dan objektif. Penilaian baik tidaknya seseoarang dalam melaksanakan pekerjaan sebaiknya di tentukan oleh kemampuan orang tersebut menjabarkan pekerjaan demi mencapai tujuan dan dedikasinya dalam rangka mengemban misi organisasi.

 A. Layak tidaknya pegawai disebabkan oleh beberapa hal berikut.

a. Sering melakukan pelanggaran dengan sengaja.
b. Tidak dapat bekerja sama dengan orang lain.
c. Tidak memiliki kemampuan.
B. Dipindahkan ke lingkup pekerjaan yang lebih sempit. Tindakan ini dilakukan sebagai akibat kesimpulan penilaian terhadap seseoarang yang di anggap tidak mampu lagi mengisi jabatan lama yang lingkup lebih luas.
C. Dipindahkan kejabatan lain. Tindakan ini dilakukan karena seseorang tidak cocok pada pekerjaananya yang sekarang, sehingga ia dipindahkan ke pekerjaan yang baru.
D. Promosi. Promosi adalah pemberian kepercayaan kepada seseorang untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.

4. Motivasi
Menurut George Terry mengatakan salah satu fungsi manajemen adalah actuating (penggerakan). Penggerakan merupakan suatu langkah dalam organisasi agar anggota dapat atau mau bekerja dengan maksimal. Untuk bekerja secara maksimal ia perlu diberi motivasi, antara lain diberikan dalam bentuk penghargaan terhadap presentasinya, pujian, kepastian pengembangan diri pada perusahaan, dan penghargaan bahwa ia adalah pribadi yang di perhitungkan keberadaanya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian Zaman Paleolitikum

Pengertian Algoritma dan FlowChart

Makalah Manajemen Kelas